salinan
BAB VIII
SISTIM INFORMASI DEBITUR
BI CHECKING DAN BLACK LIST
buku : Risiko Kartu Kredit; karangan Pulo Siregar; Penerbit Papas Sinar Sinanti Jakarta
Di salah satu bab terdahulu yaitu di bab III Sistim Informasi Debitur sering disebut-sebut. Oleh karena selain sering disebut-sebut, terkait juga dengan risiko itu sendiri, karena Sistim Informasi Debitur ini juga menyangkut harkat hidup orang banyak, sering di dengar tapi kurang jelas detailnya seperti apa, penulis piker ada baiknya penulis mengulas juga tentang hal tersebut.
Namun karena keterbatasan tempat, penulis hanya menyajikan ringkasannya saja, tidak seperti 2 Peraturan bank Indonesia sebelumnya yang penulis kutip secara utuh.
Khusus mengenai Sistim Informasi Debitur, karena dalam situs bank Indonesia www.bi.go.id ada ringkasannya, penulispun memutuskan untuk mengutipnya, yaitu sebagai berikut :
A. SISTIM INFORMASI DEBITUR.
Ringkasan Peraturan Perundang-undangan Bank Indonesia
Peraturan Peraturan Bank Indonesia Nomor 9/14/PBI/2007 tanggal 30 November 2007 tentang : Sistem Informasi Debitur (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2007 Nomor 143; Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4784)
Berlaku : Tanggal 30 November 2007
Ringkasan :
1. Sistem Informasi Debitur (SID) adalah sistem yang menyediakan informasi Debitur yang merupakan hasil olahan dari Laporan Debitur yang diterima oleh Bank Indonesia.
2. Tujuan dari penyelenggaraan SID adalah dalam rangka memperlancar proses Penyediaan Dana, penerapan manajemen risiko, dan identifikasi kualitas Debitur untuk pemenuhan ketentuan yang berlaku-serta meningkatkan disiplin pasar.
3. Pihak yang diwajibkan untuk menjadi Pelapor dalam SID adalah Bank Umum, BPR yang memiliki total aset sebesar Rp. 10.000.000.000,00 (sepuluh miliar rupiah) atau lebih selama 6 (enam) bulan berturut-turut, dan Penyelenggara Kartu Kredit Selain Bank.
4. BPR selain sebagaimana dimaksud pada angka 3, Lembaga Keuangan Non Bank, dan Koperasi Simpan Pinjam dapat menjadi Pelapor dalam SID sepanjang memenuhi persyaratan yang diatur dalam PBI.
5. Pelapor wajib menyampaikan Laporan Debitur kepada Bank Indonesia secara lengkap, akurat, terkini, utuh, dan tepat waktu, setiap bulan untuk posisi akhir bulan. Laporan Debitur tersebut meliputi antara lain informasi mengenai Debitur, pengurus dan pemilik, fasilitas Penyediaan Dana, agunan, penjamin, dan keuangan Debitur.
6. Pihak yang dapat meminta informasi Debitur adalah Pelapor, Debitur, atau pihak lain. Debitur dapat meminta informasi Debitur hanya atas nama Debitur yang bersangkutan kepada Bank Indonesia atau kepada Pelapor yang memberikan Penyediaan Dana kepada Debitur tersebut. Permintaan tersebut diajukan dengan permohonan tertulis yang disampaikan langsung oleh Debitur yang bersangkutan atau pihak yang diberi kuasa, dengan menunjukkan asli bukti identitas diri dan asli surat kuasa dari Debitur kepada pihak yang diberi kuasa. Pihak lain dapat meminta informasi Debitur kepada Bank Indonesia dalam rangka pelaksanaan Undang-Undang dengan memenuhi persyaratan yang diatur dalam PBI.
7. Informasi Debitur yang diperoleh Pelapor hanya dapat digunakan untuk keperluan Pelapor dalam rangka kelancaran proses Penyediaan Dana, penerapan manajemen risiko, dan identifikasi kualitas Debitur dalam rangka pemenuhan ketentuan Bank Indonesia yang berlaku.
Tambahan dari penulis :
Secara garis besar unjuk kerja Sistem Informasi Debitur (SID) ini adalah sebagai berikut :
  • Semua data yang terdapat dalam SID bersumber dari Laporan anggota-anggotanya, yang dilaporkan setiap bulan secara rutin mulai dari tanggal 1 sampai tanggal 12 bulan berikut setelah masa laporan.
  • Tentu supaya bisa menghasilkan output yang sesuai dengan diharapkan, inputnya juga harus menyesuaikan seperti yang sudah disebutkan di atas yang harus meliputi meliputi indentitas, fasilitas kredit, plafon, baki debet, jangka waktu, kondisi pembayaran selama 24 bulan terakhir yang sekaligus menggambarkan tingkat kollektibilitas pinjaman, sehingga ketika anggota calon pemberi kredit melakukan BI Cheking, semuanya bisa tersaji secara lengkap.
  • Lalu supaya informasinya akurat, data yang dientry oleh pelapor juga harus akurat. Karena out put yang dihasilkan oleh system besumber dari data yang di entry.
Bisakah mungkin data yang ada dalam SID tidak akurat? Jawabannya Sangat bisa!. Hal yang dapat dibuktikan dari komplain Nasabah yang direspons oleh pihak Bank.
Contohnya komplain No. 135 Bab III direspons oleh Bank pada No. 39 Bab IV).
Karena data yang ada bersumber dari Laporan Anggota-anggotanya, Kalau sumbernya kurang akurat, tentu outputnya juga pasti tidak akurat. Oleh karena itulah Bank Indonesia melakukan pengenaan sanksi pabila anggotanya tidak menyampaikan data yang benar.
Selain itu, dengan diperbolehkannya Debitur atau calon debitur untuk melakukan BI Cheking, hal itu merupakan salah satu untuk melakukan cross check dan bisa langsung mengjukan komplain untuk koreksi data apabila terdapat kesalahan data yang disampaikan.
  • Tingkat kollektibilitas itu sendiri adalah gambaran dari kondisi pembayaran angsuran pinjaman, mulai dari lancar, (biasa juga disebut Golongan I), dalam perhatian khusus ( Golongan II ), kurang lancar (Golongan III ), diragukan ( Golongan IV ) atau macet ( Golongan V ).
  • Mulai dari golongan II ke atas, sudah bisa disebut kategori Non Performing Loan atau NPL.
B. BI CHEKING
Secara garis besar BI-Cheking dapat diartikan sebagai proses permintaan informasi tentang profil seseorang yang terkait dengan data yang diolah Sistem Informasi Debitur yang dikelola Bank Indonesia.
Dalam kaitannya dengan pengajuan kredit khususnya kartu kredit, maka BI Cheking itu sendiri bertujuan untuk mengetahui sejauh mana profil calon debitur yang terkait dengan pinjamannya di bank lain, untuk menjadi salah satu pertimbangan pengambilan keputusan.
Alur proses pengajuan kredit dan pelaporan dibawah ini akan menjelaskannya.
  • Ketika seorang calon debitur mengajukan pinjaman ke Bank atau Anggota SID lainnya, Pinjaman dalam bentuk apapun termasuk Kartu Kredit, hal pertama yang dilakukan oleh pihak Bank adalah mengecek profil calon debitur tersebut ke Bank Indonesia (secara on line ). Hal itulah yang lazim disebut dengan BI Cheking.
  • Dari hasil BI Cheking tersebut akan ada beberapa kemungkinan, yaitu :
1. Calon nasabah tidak mempunyai pinjaman. (Yang barang tentu mencakup seluruh anggota SID). Kalau hasilnya seperti ini, berarti tidak ada masalah ( Clear ) dengan BI Cheking. Berarti proses lainnya yang menyangkut aspek financial, aspek legal, aspek collateral bisa diteruskan.
2. Calon nasabah mempunyai pinjaman, akan tetapi kondisinya atau kollektibilitasnya lancar. Hasil seperti ini biasanya juga tidak ada masalah. Proses lainnya bisa diteruskan.
3. Calon nasabah mempunyai pinjaman namun kolektibilitasnya termasuk kategori dalam perhatian khusus ( Gol II ). Hasil seperti ini biasanya tergantung kebijaksanaan pihak bank. Ada beberapa bank yang masih bisa memberikan toleransi, namun tak sedikit pula yang langsung menolaknya. Demi menjalankan prinsip kehati-hatian.
4. Calon nasabah mempunyai pinjaman namun kolektibilitasnya termasuk kategori Gol III ke atas. Hasil seperti ini biasanya akan langsung ditolak.
· Berdasarkan hal-hal tersebut di atas, seseorang ditolak pengajuannya bukan hanya karena pinjaman yang kollektibilitasnya macet. (Golongan V). Sebaliknya, mulai dari Dalam perhatian khusus ( Gol II ) juga sangat memungkinkan pengajuan kredit / Kartu kredit ditolak.
Oleh karena itulah banyak yang salah persepsi, khususnya calon debitur yang pengajuannya ditolak padahal merasa tidak mempunyai kredit macet. Jawabnya adalah, Mungkin memang belum sampai golongan V ( macet ) namun suda masuk golongan Non Performing Loan ( NPL ) yang dalam hal mulai dari golongan II ke atas.
C. BLACK LIST
Banyak yang sering salah kaprah mengenai penggunaan istilah Black List ( Daftar Hitam) Bank Indonesia.
Kenapa dibilang salah kaprah?
Karena pada dasarnya khusus mengenai kredit macet, baik kredit macet kartu kredit maupun kredit macet lainnya, Bank Indonesia tidak pernah mengeluarkan Daftar Hitam. Bank Indonesia mengeluarkan Daftar Hitam biasanya hanya yang terkait dengan Cek dan atau Bilyet Giro.
Seperti yang dapat disimak dalam uraian-uraian diatas, demikian juga pada bab-bab sebelumnya, terkait dengan Sistim Informasi Debitur yang dikelola oleh Bank Indonesia, out put dari Sistem Informasi Debitur hanya menyangkut informasi indentitas debitur dan kondisi fasilitas kredit/pembiayaan yang diterima meliputi plafon, baki debet, jangka waktu pembiayaan, dan kondisi (histories) pembayaran selama 24 bulan terakhir sejak posisi data dalam BI Cheking tersebut di up date (oleh pelapor yang dalam hal ini bank kreditur). Itupun per individu. Bukan dalam bentuk List ( Daftar). Oleh karena itulah sering juga disebut Informasi Debitur Individual (IDI).
Oleh karena itu, sekali lagi jangan salah kaprah dengan Black List Bank Indonesia, karena istilah itu tidak ada dalam Sistim Informasi Debitur.
***

Ingin Sharing? Ngajukan Pertanyaan? Konsultasi?
Ajukan pada kolom Komentar di bawah ini:
(Jawaban bisa disampaikan secara langsung via SMS/Whatsapp/BBM atau Email )

99 komentar:

muly mengatakan...

saya sepertinya di laporkan oleh salah satu bank ini yaitu citybank dan hsbc, masalahnya saya tidak pernah menutup langsung ke tempat bank nya,untuk menutup kk saya hanya via tel, itu selitar tahun 2006 an, anggapan saya sudah selesai semua, karna tidak ada tagihan apapun ke saya sampai sekarang 2011, masih bisakah masalah bi cheking ini di bersihkan dari nama saya, mohon informasinya

BI CHECKING.COM mengatakan...

Justeru itulah perlunya bi cehcking (secara sendiri) ini untuk mengetahui kondisi yang sebenarnya. Dari hasil print outnya akan dapat dibaca apakah memang sudah sesuai keadaan yang sebenarnya atau tidak. Apabila tidak, hasil bi cehcking tersebut bisa menjadi bahan kita untuk melakukan komplain ke bank tersebut. Mengenai istilah dibersihkan, karena data-data tersebut merupakan data history, jadi tidak bisa dibersihkan. Tapi kabar baiknya, kalau memang permasalahan tersebut telah diselesaikan, maka data history tersebut secara perlahan-lahan akan hilang seiring dengan perjalanan bulan laporan. Karena format bi checking itu berisi data 24 bulan terakhir pada masa laporan.

Iwan mengatakan...

Pengusaha kalo udah kesandung BI Cheking harus gulung tikar dong ... Yah namanya usaha, kadang bagus kadang jelek. Pas lagi bagus angsuran bagus, pas lagi jelek apa lagi buat ngangsur, asal balik modal aja susah minta ampun. Terus kalo udah gitu, mo minta tolong sama sapa ? Ke rentenir aja kali ya ... gak perlu ribet. Mungkin BI Cheking ini yang bikin pengusaha pada bangkrut & rentenir merajalela. Apa bank gak bisa melakukan pendekatan ke pengusaha yang lagi kena masalah kayak gini. Bukannya bank mitra pengusaha ? Pas lagi bagus aja bank pada ngantri, pas lagi jelek di tinggalin begitu aja. Alasannya "gak mau tahu masalahnya..." Kalo enggak " Diberesi dulu"... Nha yang buat beresin itu yang butuh bantuan ... Paling rentenir solusi paling jitu. Solusi buat sementara si... tapi ujung2nya nambah masalah & tambah miskin ...

maz hady mengatakan...

ah itu ngawur, saya pernah pinjam di BRI, dan sdh lunas tapi di BI checking datanya bilangnya msh blm lunas, kurang 2 bln lagi angsurannya... ga akurat !!!.

zx-2008 mengatakan...

saya pernah dengar dari teman, kalau nama qta tercantum dalam BI Checking, qta akan kesulitan untuk mengurus visa, apalagi pergi ke luar negri.
apakah benar?
kalau qta diamkan saja, perlu berapa lama nama qta terhapus dari BI Checking?
trm ksh atas info nya.

my titin mengatakan...

Selamat sore, saya mau bertanya, bukankah pihak yang dapat mengakses data ke Bank Indonesia merupakan badan/lembaga yang berkepentingan seperti bank umum atau lembaga kredit lainnya? Maaf pak, sepengatahuan saya software untuk mengakses ke BI juga tidak dimiliki oleh masyarakat umum, kecuali pihak yang berkepentingan. Anda menawarkan info BI dan lain sebagainya apakah hal ini legal? Info BI merupakan hal yang rahasia dan anda mentransaksikannya secara umum seperti ini, bukankah ini melanggar kode etik per bank an bapak/ibu? Sekedar memberi saran, sebaiknya berusaha di bidang lain saja, sanksinya cukup berat tidak sebanding dengan nilai jasa yang ditawarkan.

BI CHECKING.COM mengatakan...

my titin ini asal comment aja.
Segitu jelas kalimatnya DENGAN CARA MEMPEROLEH HASIL PRINT OUTNYA LANGSUNG DARI BANK INDONESIA ... dst, siapa yang bicara software?

Mengenai kode etik juga, sepertinya belum ngerti kode etik perbankan tapi coba-coba bicara kode etik perbankan. Meskipun di profilnya saya lihat kerja di Bank.

Lalu saran sebaiknya berusaha dibidang lain saja ... dst,
Ini kan lembaga bantuan. Lembaga non profit yang bahkan biaya operasionalnya saya subsidi secara pribadi, karena kepedulian terhadap nasabah-nasabah yang jadi korban pihak Bank yang kadang arogan dan semena-mena kepada nasabah.
Seperti BI Checking ini saja, banyak Nasabah yang jadi korban. Pihak Banknya yang lalai utk up date data, jadi nasabah yang kredit macetnya sudah dilunasi, tapi pas ada pihak bank yang melakukan BI Checking karena ada pengajuan kredit, datanya masih data lama. Artinya tidak terlihat ada kode LUNAS, yang tentunya punya implikasi terhadap pengajuan kreditnya.
Dan contoh kasus seperti ini sudah banyak kami bantu yang akhirnya pihak bank melakukan up date datanya setelah nasabahnya kami bantu untuk melakukan complain.
Sampai kesana ngerti ga jalan pikirannya? Sepertinya pimpinannya harus disuruh menambah wawasannya nih.

Maaf kalau balasan saya agak lugas. Soalnya isi commentnya terkesan menjatuhkan dan merendahkan.
Mungkin ada baiknya dibaca dulu tentang profil saya dan apa yang sudah saya lakukan membantu nasabah sebelum merendahkan dan menjatuhkan. Silakan dibaca di http://www.kompasiana.com/pulosiregar

opax mengatakan...

Andaikan nama saya dipakai orang untuk pengajuan kredit dan kredit tersebut macet. Apakah permohonan kredit saya akan selamanya ditolak selama kredit tersebut belum dilunasi orang tersebut?

BI CHECKING.COM mengatakan...

Benar seperti itu. Selama belum dilunasi permohonan kredit akan selamanya di tolak. Pihak Bank tidak mau tau mengenai siapa yang makai. Pihak Bank hanya mau berurusan dengan dengan siapa melakukan perjanjian kredit.
Pihak percaya kepada anda melalui mekanisme penilaian yang sesuai makanya dikucurkan krditnya.
Kalau yang lain mungkin belum tentu. Jadi jangan kesalahan kita dilimpahkan ke pihak Bank yang sebelumnya percaya kepada kita.

Jonnedi Tanjung mengatakan...

Dear Pak Pu;o Siregar ,

Mohon pencerahan , kami pernah mendapatkan fasilitas KPR dari Bank BumiPutera tahun 2007 yang lalu , karena sesuatu dan lain hal akhirnya KPR kami pun macet , tapi di bulan Agustus 2011 kami melunasi semua Tunggakan termasuk Bunga .

Dan tahun ini sekitar bulan September kami berencana untuk mengajukan lagi KPR untuk Pembelian Rumah di kawasan Citayam Depok .
sebelumnya kami sudah ke BI Cheking dan seperti kasus2 yang sering terjadi :
- saya Kolek 1 karena biaya materai saat penutupan CC Citibank ( saya claim ke Citibank langsung dapat Bukti lunas )

- Istri : masih ada tunggakan di Bank Mandiri padahal sudah di tutup 2 th yg lalu ( bank mandiri juga sudah kasih bukti Lunas )

masalahnya sekarang ketika Pihak Bank BRI Syariah menolak KPR kami katanya " History " yg pernah jelek.

Bagaimana nasib kami sekarang ? sementara DP sudah masuk ke cicilan ke 3 , Pihak developer hanya bilang akan tetap di usahakan dan mencari bank lain yang lebih flexible .

sebenarnya bagaimana nasib kami ini benarkah harus menunggu beberapa tahun lagi sampai " history " di BI Cheking hilang ? umur saya skrng sudah 40 th .

Terima kasih

Jonnedi

matraman

BI CHECKING.COM mengatakan...

Sudah benar yang dibilang pihak Developernya yang untuk mencari bank lain yang flexible. Memang ada bank yang sangat ketat dengan ketentuan bi checking, tapi ada juga yang agak toleran, apalagi historynya tidak terlalu jelek-jelek amat.

Normalnya History itu baru bisa hilang total 2 tahun setelah dilunasi. atau diperbaiki. Hal itu terjadi karena format BI Checking itu terdiri dari 24 kolom yang berisi kondisi dan status 24 bulan terakhir. Jadi satu persatu bulannya hilang seiring dengan perjalanan waktu.

amino farensha mengatakan...

dear mr pulo

saya ingin melakukan cheking BI bagaimana caranya? lokasi saya di Bandung.
saya telah melihat contoh print out cheking BI, tp masih tidak mengerti bagaimana cara membacanya. misalkan kita mempunyai KK aktif apakah nanti di hasik cheking BI akan tertera berapa banyak nominal kredit yang kita pakai

mohon penjelasannya
terima kasih

budi gumelar mengatakan...

Betul mas, saya pernah melakukan pelunasan dipercepat. Malah di laporan BI checking belum lunas.

BI CHECKING.COM mengatakan...

Caranya langsung aja ke Bank Indonesia yang di Bandung. Dibilangin mau BI Checking. Mereka akan layani dengan baik.
Prosesnya hanya kurang lebih setengah jam. Biayanya Gratis. Persyaratannya hanya KTP asli yang masih berlaku.

jangan khawatir mengenai cara bacanya. Karena petugas yang melayani akan menjelaskan cara membacanya.

Semua kredit (Pinjaman)di Bank dan anggota2 SID lainnya akan masuk dalam BI Checking. baik yang aktif maupun yang sudah tidak aktif (Macet) oleh karena itulah kalau pas pengajuan kredit di Bank, pihak Bank bisa tahu calon nasabahnya sudah punya pinjaman dimana saja, berapa, dan history pembayarannya gimana.

Abet Simajuntak mengatakan...

motor ditarik, dan uang angsuran sekian bulan yang jumlahnya jutaan tidak kembali, ditambah nasabah masuk dalam BI cheking gol kreditur macet, dan perlu waktu 5 thn (klo tdk salah) untuk pemutihan..
RASANYA TIDAK ADIL...!!

BI CHECKING.COM mengatakan...

Ga ada istilah atau proses pemutihan dalam BI Checking. Penjelasan lebih lanjut bisa dibaca link ini : http://ekonomi.kompasiana.com/moneter/2011/02/09/bi-checking-akan-dihapus-setelah-5-tahunmembantu-nasabah-menyelesaikan-masalahnya-4-339564.html

the real arga mengatakan...

Newbie mau tanya nih... Yg menjadi data nasabah dalam blacklist BI itu dari Kartu Identitas atau apa ya? Cakupan datanya apa saja ya pak? Apakah nama, alamat, NIK? Atau hanya nama saja?? Soalnya ada teman sy yg pernah hilang hak perdatanya di kota A karena masalah kartu kredit yg tidak dibayarkan dan akhirnya dia kena blacklist BI, 2th kemudian dia pindah katakanlah ke kota B.. tp setelah dia pindah ke kota B dan ganti KTP di kota B dia bisa kembali mendapatkan hak perdatanya... Dan pengajuan kartu kreditnya di approve lagi oleh pihak bank,, kok bs seperti itu ya??

BI CHECKING.COM mengatakan...

yang menjadi data acuan dalam black list bi merupakan gabungan dari semua data yang diinput pada saat pengajuan aplikasi. Oleh sistem diproses untuk membentuk semacam identitas khusus berupa angka (digit) yang disebut dengan DIN (singkatan dari Data Identification number) jadi pada saat Bank melakukan BI Checking, Bank akan bisa menemukan benang merah dari hasil proses identifikasi yang dikerjakan oleh sistem tersebut. Sehingga meskipun Nasabah merubah-rubah data, baik yang disengaja maupun tidak disengaja, Bank bisa menemukan benang merahnya lalu membuat kesimpulan dari Data yang sedang dicari tersebut. garis besarnya kira-kira seperti itu.

Lembaga Bantuan Mediasi Nasabah mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim mengatakan...

From: +6281217794XXX
Selamat malam ingin bertanya tentang Bi cheking

Anonim mengatakan...

+6285222002xxx
Pa/bu mau tanya klo prosedur bi Cheking mencakup tempat yg diagunkan atau tidak

Anonim mengatakan...

From: +62818941XXX

Selamat siang, mohon bantuan. Pengajuan kredit ditolak bagaimana solusinya? Apakah status BI checking jelek, selamanya kita tdk bisa dapat fasilitas kredit? Trimakasih

Anonim mengatakan...

From: +6285274072XXX
Received: Jun 7, 2013 22:37

Skrg sya lg dpat proyek di jakarta..dlam bidang perabotan & furniture butuh dana sbsar 250jt,modal cuman 100jt..krena htang 1,5jt usaha sya jd kacau...BI Cheking hya merugikan bgi kalangan bwah sperti sya...mau jd pa pengusaha2 swasta kyak sya ini..modal krng...

Anonim mengatakan...

Saya mau tau info BI Cheking an Xxxyanto No KTP 35780105710xxx apakah kiranya ada kendala dgn Perbankan,krn rncn mau mengajukan KPR.Terima kasih

Anonim mengatakan...

From: +6281217794XXX
Received: Jun 4, 2013 20:51

Selamat malam ingin bertanya tentang Bi cheking

Anonim mengatakan...

From: +6285274072xxx
Received: Jun 7, 2013 22:37

Skrg sya lg dpat proyek di jakarta..dlam bidang perabotan & furniture butuh dana sbsar 250jt,modal cuman 100jt..krena htang 1,5jt usaha sya jd kacau...BI Cheking hya  merugikan bgi kalangan bwah sperti sya...mau jd pa pengusaha2 swasta kyak sya ini..modal krng...

Anonim mengatakan...

From: +6281217794xxx
Received: Jun 4, 2013 20:59

Sy punya pinjaman d salah satu bank waktu pelunasan sy menunggk 2 bulan dan sekarang sudah sy lunasi tp kenapa nama sy tetap merah

Anonim mengatakan...

From: +6281217794xxx
Received: Jun 4, 2013 20:51

Selamat malam ingin bertanya tentang Bi cheking

Anonim mengatakan...

Tanggal: 30 Mei 2013 22.01
Perihal: ‎Chat with <3 R

Sy ada KPR di BTN 3,5thn yg lalu.bunganya naik lima bulan yg lewat tanpa pemberitahuan.tiba2 sy ditelp BTN menyatakan sy nunggak 4 bulan.sy sempat protes ke BTN.kemudian sy lunasi.bulan ini sy telat bayar,tp udah sy bayar.

Pertanyaannya sy ada mengajukan kpr lg tp ditolak krn di blaklis BI
Apa yg sy lalukan pak?

Anonim mengatakan...

From: +6281326320xxx
Received: May 29, 2013 13:16

Kl ingin dpt print out bi cheking dr bi bgmana?

Anonim mengatakan...

From: +6281274445xxx
Received: May 29, 2013 13:12

Selamat siang, bsakah saya dapat informasi tentang BI cheking saya.

Anonim mengatakan...

From: +6281294827xxx
Received: Apr 29, 2013 15:45

Sore pak/ bu saya ṁ̭̈ªű. Tanya kalau untuk BI checking sistem online ßišª tidak

Lembaga Bantuan Mediasi Nasabah mengatakan...

From: +6281375330xxx
Received: Apr 29, 2013 20:18

Selamat malam.ijin perkenalkan nama saya susxxxx
Saya mau tanya bgaimana cara mengecek apakah kita masuk daftar blacklist BI atau tidak.karena saya mengajukan kartu kredit tapi ditolak dgn alasan saya diblacklist di BI.padahal sebelumnya saya tidak pernah kredit dimana pun.trimakasi

Lembaga Bantuan Mediasi Nasabah mengatakan...

From: +6285230891xxx
Received: Apr 29, 2013 15:46

Ass.nma sy zaixxx mmpnyai mslh dngn Bank alias macet,yg sya tnyakan?gmn cranya dpt kringanan menutup dan Bi cheking jd baik lg.

Anonim mengatakan...

From: +6281365007xxx
Received: Apr 30, 2013 09:40

Slamat pagi pak.....
Mohon bantuan nya pak untuk mencheking data saya di BI. Apa saja kendala saya pak...
Nama saya: Paxxxxx
Tgl lahir 15-10-8x. Tq

Anonim mengatakan...

From: +6285722746xxx
Received: Apr 30, 2013 10:47

Salam, saya dini, saya buka di web ttg konsultasi BI checking, ajuan kpr saya terhambat krn ini, hanya krn saya pernah telat bayar kartu kredit, bagaimana ttg pemutihannya. Bagaimana cara konsultasinya. Trims

Anonim mengatakan...

From: +628814302xxx
Received: Apr 30, 2013 18:39

Data Id BI apa bisa langsung di upload.caranya gimana.?trims

Anonim mengatakan...

From: +6285256568xxx
Received: May 1, 2013 18:54

Iya pak kbtlan sy punya kredit d bank muamalat trus sudah 4 menunggak trus sya mau take over d BNI kena BI cheking gimana solusinya?

Anonim mengatakan...

From: +6282121882xxx
Received: May 4, 2013 15:01

Slmt siang. Sya nanya gmn cra'nya agar sya tau nama sya msuk daftar hitam bi atau tdk. Trmksh

Lembaga Bantuan Mediasi Nasabah mengatakan...

From: +6285258852xxx
Received: May 5, 2013 05:47

bagaimana cara BI CHECkING itu gk kelihatan klo kita mengajukan di bank yg lain?

Anonim mengatakan...

From: +628876850xxx
Received: May 6, 2013 10:00

Selamat pagi saya mau menanyakan status saya d BI krn saya mau mengajukan KPR

Anonim mengatakan...

From: +6287753905xxx
Received: May 2, 2013 17:04

sore? saya mau tanya. saya mengajukan pinjaman di koperasi tetapi tdk bs cair kenapa ya? apa dikarenakan bi checking atau apa? mhn blsannya

Anonim mengatakan...

From: +6285270495xxx
Received: Apr 30, 2013 21:09

Saya mau tnya,pa kah idi bi bsa d cek melalui individu?klw bs kyak mana cara'a,trma kasih

Anonim mengatakan...

From: +6282110327xxx
Received: May 2, 2013 15:02

Kl dicek kt bank itu clear artinya ok bukan ya????

Anonim mengatakan...

From: +6285216842xxx
Received: May 3, 2013 15:07

Nama saya marxxxx saya minta tlg untuk di cek kan nama saya di daftar bi

Anonim mengatakan...

From: +6283194203xxx
Received: Apr 26, 2013 08:59

Selamat pagi lembaga bantuan mediasi nasabah...
Saya Rixxxxxx, bisa gak ya saya ingin tau apakah nama saya ada di daftar black list BI...krn dahulu saya sempat telat bayar kartu kredit kira2 3 bln di thn 2011..namun di thn 2012 dan sampai skrg saya bayar tagihan sebelum jatuh temponya..namun knp utk pengajuan Kartu kredit lg saya tdk di setujui ya...mohon informasinya..tks

Anonim mengatakan...

From: +6281388772xxx
Received: May 10, 2013 10:36

Selamat siang..saya Ibu Lisxxxx membaca artikel Lembaga Bantuan Mediasi Nasabah...bagaimana caranya untuk mengetahui nama saya masuk daftar black list atau tidak...terima kasih atas bantuan dan informasinya

Anonim mengatakan...

From: +6285723593xxx
Received: May 10, 2013 12:53

kalo sya sh trlmbt mulu. krna usaha sya lg mngalami pailit. jd apa yg hrus sya lakukan. smntara usaha sya sdh tdak mampu mmbyar angsuran sana sini.

Anonim mengatakan...

From: +6281233224xxx
Received: May 9, 2013 07:17

Saya rixxx di blitar,ingin konsultasi dan mohon bantuan menyelesaikan masalah BI checking saya.
Mohon info prosedur,biaya dan cara pembayarannya.
Terimakasih.

Anonim mengatakan...

From: +6285274072xxx
Received: May 8, 2013 22:50

BA 42xxx kQ tlah lunas....atas nama febrxxxx cilacap.nag sei lansek,kab sijunjung.(SUMBAR)masih kena cheking..tolong di bantu pak..

Anonim mengatakan...

From: +6285315389xxx
Received: May 12, 2013 10:19

Sy mau kredit k bank.tapi trkendala dg Bi cheking.bisa bntu sy? Gmn caranya.mksh bls

Anonim mengatakan...

From: +6285770219xxx
Received: May 13, 2013 14:24

selamat siang pak...maaf sblmnya pak? sy mau tanya pak? sy mengajukan pinjaman ke CIMB NIAGA dgn program X'TRA DANA dan pinjaman Pay Roll pak, jadi gaji dari pabrik disetor ke Niaga utk bayar gaji kt pak? tapi pinjaman sy di tolak dgn alasan REJECT SID mhn info nya pak? tks yahya

Anonim mengatakan...

From: +6281316594xxx
Received: May 14, 2013 10:20

Selamat siang sya Abxxxxxxx .. Di bogor.. Sya lgi pny masalah keuangan, sehingga kta sya di danamon, hsbc, dbs, anz kemungkinan akn bermasalah.. Selama in pembayaran lancar..

Anonim mengatakan...

From: +6285271320xxx
Received: May 14, 2013 11:01

Selamat siang pak saya mau tanya. Atas nama axxxxx di pekan baru .ni saya tiap kredit bank di tolak terus. Saya akui ada masalah ktedit di adira tp sudah lunas tp dendanya tinggal. Apa solusinya bisa pak

Anonim mengatakan...

From: +6285695813xxx
Received: May 14, 2013 18:34

Selamat sore..sy ingin menanyakan status rekening sy..krn setiap mengajukan pinjaman selalu di reject krn msh bermasalah di BI nya..trm ksh

Anonim mengatakan...

From: +6283872364xxx
Received: May 14, 2013 08:22

Mat siang pa Maaf menggangu dgn pa siregar y? Kmarin sya bka internet d kompasiana saya mo mnta bantuan untuk melakukan bi cheking apa msh bsa pap trims

Anonim mengatakan...

From: +6281905963xxx
Received: May 23, 2013 14:48

Pa sy mau ajkn kpr tp brmasalah dgn cheking bi sy..gmn solusiny...

Anonim mengatakan...

From: +6283865839xxx
Received: May 24, 2013 09:44

Yth,untuk dpt print out BI chek gimana cara nxa?TKS.

Anonim mengatakan...

Dear LBM

Mau tanya sebetulnya berapa lama jangka waktu pemutihna BL dari BI?


Best Regards,

Franxxxxx

Anonim mengatakan...

Yudxxxxxxxxxx

2 Jun 2013

ke saya
Pagi mas saya mau menanyakan nih,,, kebetulan saya baru sadar pentingnya status baik di bank,, untuk permasalah yang saya hadapi adalah status saya blacklist di bi, dikarnakan saya 4th atau 5 th yang lalu pernah membantu kaka saya untuk mengambil sebuah unit rumah dengan cara kpr lewat btn, dan tanpa sepengetahuan saya ketika itu saya sedang kerja di luar negri unit itu di take over dengan orang lain sehingga tidak adanya hitam diatas putih dan pada akhirnya orang tersebut menunggak untuk pembayaran kprnya,, dan begitu saya mau mengajukan kredit di bank nama saya mental dan begitu sulit untuk menyelesaikan masalah ini,, mohon kiranya di berikan solusi untuk permasalahan saya ini,, terimakasih,,,

Anonim mengatakan...

Aryxxxxxxxx

................... dst
Pada bulan April 2013, saya mencoba mengajukan kredit dengan agunan BPKB mobil dan usaha yang saya punyai ke Bank Danamon, ternyata setelah di check, saya di BLACK LIST dari daftar Bank BI, kata si marketing.

Yang mau saya tanyakan, bagaimana kah sistem yang dipakai sebenarnya, kenapa nama saya masuk dalam daftar black list di BI ?
Apakah saya yang orang rendahan dengan usaha yang kecil tidak bisa meminjam ke Bank melalui KUR UKM nya karena saya punya satu dosa yang sudah saya tebus.
Berarti kita yang punya usaha kecil, apabila kita minjam ke Bank, apabila jatuh tempo wajib membayar dengan menghalalkan segala cara ?
Kalau memang begitu sistemnya, maka kasus-kasus korupsi tidak usah diusut lagi, karena dengan peraturan yang begitu sehingga orang akan berpikir untuk melakukan hal yang sebenarnya tidak ingin dilakukan.

Mohon atas penjelasannya.

Anonim mengatakan...

Click Me!
Dear Lembaga Bantuan Mediasi,

Saya ingin meminta bantuannya untuk mengecek BI Checking atas nama saya.
Mohon informasi Dan bantuannya apakah proses tersebut bisa dilakukan.

Terimakasih

Best regards,
Arxxxxxxxxxx

Anonim mengatakan...

Dear Lembaga Bantuan Mediasi,

Mohon bantuannya untuk chek data saya sebagai berikut:


Nama : xxxxxxxxxxxxxxxx

Tempat/Tgl Lahir : Garut, xxxxxxxxxxxx

Alamat : Kp. xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

NIK : 320505170484xxxxxxx



Terima kasih,
Herxxxxxxxxxx

Anonim mengatakan...


28 Mei 2013

ke saya
Selamat malam. Bagaimana prosedur dan pembayaran jasa untuk negosiasi pelunasan hutang yg terkena BI checking. Salam: EDIxxxxxxx

Anonim mengatakan...

Chaxxxx
28 Mei 2013

ke saya
Selamat sore pak/mas yg budiman, langsung saja sya mengalami beberapa kesuliatan yg berhubungan dengan BI checking, apakah bisa dihapus...? Bagaimana caranya...? Dengan sebelumnya saya berikan data yg membuat BI checking saya yg bermasalah :

1. Saya memiliki tunggakan kartu ...dst

Anonim mengatakan...


28 Mei 2013
Pagi, saya dengan nixxxxxx, melihat dr searching google tentang masalah kartu kredit. Mungkin ibu/ bapak bisa memberikan solusi utk masalah saya.

Permasalahan saya ada di CC mega. Tepatnya Mega carrefour. Sebelumnya itu carrefour bekerja sama dengan bank BCA. Pada saat masih BCA carrefour semuanya berjalan lancar dr mulai pengiriman kartu sampai dengan billing tagihan yang berjalan dgn baik dan tepat waktu. Hingga pada akhirnya mendapat informasi bahwasannya BCA carrefour telah berpindah menjadi Mega carrefour. Pada saat itu saya masih menyisakan tagihan sebesar 1.096.000 (kalau tdk salah). Namun seiring berjalannya waktu kartu Mega carrefour tidak pernah saya terima begitu juga billing tagihannya. Hingga saat ini. Bagian bank mega collection pun selalu menelepon utk menagih pembayaran. Namun dgn penjelasan yang sama setiap bulannya bahwa saya tidak pernah menerima kartu dan billing tagihan sama sekali. Permintaan say hanya saya sebagai konsumen berhak menerima rincian apa yg ditagihkan. Tidak hanya bersumber dari angka yg disebutkan via telepon. Dan itu berlangsung terus. Hingga pada akhirnya saya tau bahwa BI checking saya collect 5 dr bank mega dan tagihan yg awalnya 1.096.000 tsb menjadi 3.600.XXX rupiah yg bertambah dr adanya biaya keterlambatan/ bulan 100 ribu rupiah plus bunga2nya.

Saya ingin membereskan masalah ini. Saya beberapa kali dtg ke bag collection itu utk negosiasi bahwa say hanya akan membayar apa yg memang saya pakai yaitu pd saat BCA carrefour, krn toh saya tdk pernah menerima Mega carrefour dlm bentuk kartu ataupun tagihan. Namun tidak mendapat toleransi dr pihak bank mega sendiri.

Satu waktu ada keinginan saya utk melunasi krn kebutuhan saya di BI checking utk mengajukan kredit, namun pada saat saya tanya apakah setelah lunas saya dpt memeperoleh surat lunas, mereka berkata surat lunas baru akan kami terima 3-4 bulan kedepan. Dan itu berarti belum ada jaminan bahwa BI checking saya aman.

Tanpa sengaja saya membaca surat pembaca di kompas.com tgl 15 mei. Ada yg senasib dgn saya, bahkan sekalipun di bayar lunas, dan surat lunas yg tidak kunjung datang, dan BI checking tetap dalam posisi yg sama.

Nah berdasarkan penjelasan saya yg panjang lebar itu, apkah yg bisa di bantu??
Terima kasih

Nixxxxxx

Anonim mengatakan...

28 Mei 2013

selamat sore,

saya ingin bertanya ,saya pernah mengajukan kredit card pd salah satu bank,kemudian saya tidak disetujui itupun sebenarnya karena saya sendiri belum terlalu membutuhkan card tersebut,jadi pada saat pihak bank menelpon saya jawab dengan asal,lalu sekarang saya ingin mengajukan KPR BTN,apakah data tersebut bisa dikatakan blacklilst dalam cheking BI ? mohon pejelasannya. dan saya pernah credit motor sekitar thn 2008 bulan november sudah lunas pada mei 2011, selama kredit tersebuit saya pernah menunggak beberapa kali dalam hitungan hari, apakah ini termasuk dalam cheking BI? mohon dijelaskan.


terima kasih

Effxxxxxxx

Anonim mengatakan...

24 Mei 2013

Dear Bapak/ IBu
Di Tempat

Menyambung informasi yang saya lihat di salah satu website (blog) tentang Bi Cheking, saya mau tanya tentang hal itu karena saat ini saya diinformasikan terkendala BI Cheking

" tahun 2002-2005" dulu saya punya beberapa kartu kredit (citibank, anz,bii,ge) dan mengalami kemacetan dikarenakan saya jobless akhirnya macet , tetapi akhirnya setelah saya ada penghasilan saya melunasi kartu tersebut dengan :
- Kartu Citibank proses pelunasannya melalui (program) cicilan 2 kali bayar
- Kartu Anz pelunasannya melalui (program) 2 kali bayar
- Kartu GE karena didatangi oleh colektor ..waktu itu saya melunasinya melalui cash
- untuk KK bii sudah lunas tahun 2010

pada tahun ini saya mengajukan kredit KPR di BTN, dan menurut marketing developer tersebut memberi informasi bahwa saya terkena bi cheking kolektibilitas 5

mohon informasinya, apa yang harus saya perbuat menghadapi situasi tersebut, karena saya terus terang awam terhadap permasalahan perbankan.
san apa yang dimaksud dengan kolektibilitas 5

atas informasi yang telah diberikan , saya ucapkan terima kasih

Regards
Olxxxxxxxxx

Anonim mengatakan...

24 Mei 2013

ke saya
Bang PS,
Perkenalkan saya Buxxxxxx (3x th), pegawai swasta.
Saya ada masalah BI Cheking jadi menghambat pengajuan KPR saya....ini berawal 2 bln yg lalu saya ajuin KPR dan ditolak...pihak KPR Bank yg bersangkutan menyatakan saya ada masalah dgn BI Checking...Kira2x seminggu yg lalu saya chek ke BI...dan ternyata ada tagihan bad debt Kartu Kredit 3 Bank (HSBC, Panin, BNI) dari tahun 2004 dan kolektabilitasnya sudah 5 (lima)...saya baru sadar kenapa berkali-kali saya ngajuin KPR nggak di ACC...Memang saya dulu awal bekerja di Jakarta th 2004 saya bermasalah dengan Tagihan Kartu Kredit HSBC Rp.6jt, Panin Rp.4jt, BNI Rp.2jt jadi Total Pagu Kartu Kredit saya yg bermasalah Rp.12 juta ....sekarang saya sudah menikah punya 2 putri...disaat saya butuh kredit bank untuk kepemilikan rumah saya terhambat BI Checking...karena saya baca banyak yg menawarkan Jasa penyelesaian namun nggak jelas juntrungannya...

Pertanyaan saya : Bang PS bisa membantu permasalahan saya guna menyelesaikan BI Checking ini nggak ya? kalau bisa berapa biaya yang harus saya keluarkan dan berapa biaya jasa bang PS? dan gimana cara pembayarannya pelunasan tunggakan dan biaya jasa bang PS?


Terimakasih sebelumnya.

Salam,
Budxxxxxxx

Anonim mengatakan...


Selamat pagi,

mohon maaf sebelumnya. Saya mendapatkan alamat email ini dari bi checking.com. Saya ingin tau, apakah saya bisa mendapatkan data mengenai kredit yg pernah saya lakukan terhadap bank selama saya mengajukan transaksi dgn bank?. sekaligus juga saya ingin mengetahui jumlah kredit macet saya yg ada di bank untuk mengkonfirmasi dan audit data2 pribadi saya ke bank. Mohon bantuannya. Atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.


Salam,


Guxxxxxxx

Anonim mengatakan...

Participants:
-------------
Pulo Siregar, Khoxxxxxx

Messages:
--------
Bagaimana chek data BI check

Anonim mengatakan...

From: +6281263427xxx
Received: Jun 10, 2013 16:49

Mau tanya,klo kt sudah masuk daftar hitam BI apakah kt masi pnya kesempatan untk meminjam ke lembaga keuangan.

Anonim mengatakan...

From: +6285772550xxx
Received: Jun 5, 2013 09:22

Ass..Pak/bu bgama cara mengetahui bi cheking. Bu desxxxxxxxx

Anonim mengatakan...

------ SMS ------
From: +6289676723xxx
Received: Jun 10, 2013 08:13

ass pak..maaf saya sixxxx..mau mengajukn pnjeman ke bank..py saya mau b.i ceking..mohon bantuan ny pak.bisa ga..lz

Anonim mengatakan...

Participants:
-------------
Pulo Siregar, Subxxxx

Messages:
---------
Malam pa
Untuk Biro Informasi Kredit tersedia di seluruh cabang BI ya pa

Anonim mengatakan...

Participants:
-------------
Pulo Siregar, Dhexxxxxxxx

Messages:
---------
Pak pulo siregar
Saya ingin tau informasi BI checking
Saya sudah melunasi pinjaman
Dan ingin tau apakah saya sudah dihapus dr daftar hitam
Itu gmn ya?

Anonim mengatakan...

Participants:
-------------
Pulo Siregar, Aguxxxxxxx

Messages:
---------
Selamat Pagi Pak

Mohon penjelasannya mengenahi pengajuan kredt bank saya selalu ditolak karena ada masalah SID.terimakasih
Agustono on day off:
Sebelumnya ada kredit yg macet karena dikelola oleh koperasi perusahaan yg mengakibatkan di blacklist massal.apakah ada solusinya

Anonim mengatakan...


------ SMS ------
From: +6282126939xxx
Received: Jun 11, 2013 22:56

Bagaimana cara lolos pengajuan kredit di bank,sementara nama di BI sdh diblacklist

Anonim mengatakan...

Dengan hormat....

Perkenalkan sebelumnya saya Hexxxxxxxx beralamat di Jl.Hasanuddin Gg.xxxxx no. Xx Pontianak, Kalimantan Barat. Saya mengalami permasalahan dengan BI Checking,yang dimana saya sebelumnya ada mengambil Kredit Laptop di Adira Quantum. Dan pada saat pelunasan terakhir saya bayar melalui Collector. Tetapi uang tersebut tidak disetrokan oleh Collector ke Adira Quantum. Sehingga saya terdaftar sebagai penunggak/customer macet. Dan hal tersebut sudah pernah saya laporkan ke Adira Quantum Pontianak,tetapi tidak ada tanggapan sama sekali.

Dan pada saat saya ingin mengajukan KPR di salah satu Bank di Pontianak, pengajuan saya tidak disetujui oleh Bank tersebut,dengan alasan bahwa saya masuk dalam daftar BI Checking. Padahal sebelum saya mengajukan KPR,segala hutang atau tunggakan saya di Adira Quantum sudah saya selesaikan/dilunasi walaupun setoran saya sebelumnya ke Collector Adira Quantum saya abaikan dan saya bayar kembali ke Adira Quantum dengan harapan saya tidak bermasalah dengan BI Checking. Yang dimana posisi saya sebenarnya adalah Korban penipuan oleh oknum Collector Adira Quantum.

Dan yang ingin saya tanyakan,apakah nama saya bisa kembali bersih di daftar BI Checking?dan langkah apasaja yang harus saya lakukan agar permasalahan BI Checking tersebut bisa diselesaikan dengan baik?

Sekian dari saya,atas perhatian dan bantuannya saya ucapkan terima kasih.
Salam
Henxxxxxxxx

Anonim mengatakan...

Dengan hormat,
 
 
Bisakah saya minta bantuan untuk di-check-kan apakah saya termasuk blacklist dalam BI-Checking.
 
DJxxxxxxxxx  
Atas bantuannya diucapkan terimakasih.
 
 

Anonim mengatakan...

Selamat malam,

Saya mau tanya ttg BI checking untuk kartu kredit. Apakah pelaporan yang dilakukan oleh bank provider kartu kredit di sistem pelaporan kredit biasa? Atau BI punya sistem pelaporan yang khusus untuk kartu kredit? Terima kasih jawabannya.

PIxxxxxxxxx

Anonim mengatakan...

Participants:
Pulo Siregar, Farhan Al zaidi

Messages:
---------
Dari : Farxxxxxxxxxx :
Maaf bapa untuk mngetahui bahwa kita terbebas dari BI checking gimana , ke siapa hrus mnghubungi dri pihak bi nya

Abruri Rispandi Riduan mengatakan...

Apakah data Pekerjaan pada SID kita bs rubah sesuai dengan KTP kita...? KTP Saya dulu Karyawan, Kemudian setelah terbit ktp baru..pekerjaan saya saya rubah menjadi swasta .

Anonim mengatakan...

mohon maaf bisa minta tolong dicheck atas nama xxxxxxx xxxxxx xxxxx
Alamat xxxxxxxxx xxxxx. Xxxxx Surabaya
Tempat tanggal lahir Surabaya, 29 Oktober 19xx

lembagabantuanmediasinasabah@gmail.com mengatakan...

Pada dasarnya ga perlu. Krn ga terlalu berpengaruh. Nanti juga akan terupdate dengan sendirinya pas pengajuan pinjaman baru karena data2 barunya akan otomatis masuk sistem. Termasuk pas bi checking yg dilakukan oleh pihak bank. Tempat ngajukan kredit.

Anonim mengatakan...

Selamat siang p siregar, saya nixxxx saya lihat di blog anda mengenai kartu kredit bermasalah, saya mau mengajukan kredit rumah, ternyata di blac list oleh BI, krn saya di bilang punya kartu kredit mandiri macet , saya sudah ke bank mandiri pusat dan sudah membuat surat pernyataan kalau saya tidak pernah memiliki kartu kredit mandiri atau kartu kredit apapun, sementara menurut ban mandiri nama saya ibu kandung alamat benar ada nya,dan memang terjadi transaksi pada thn 2002-2003 sementara saya sendiri tidak pernah mengajukan kartu tersebut yg saya fikir smua data2 saya di curi atau disalah gunakan org lain, saya di minta oleh pihak b mandiri utk membayar 6 juta dari limit 3 juta dan saya sangat keberatan, saya mohon saran dairi bpk tuk masalah ini..trima kasih

Anonim mengatakan...

malam pak,saya mau tanya bagaimana untuk perbaiki data saya di BI,sedangkan saya pnya masalah tnggakan dengan bank,dulu saya tertipu oleh teman saya,cicilan saya tidak angsur.karena merasa ditipu oleh teman,dan apkah penjamin ikut msuk data blcklst jga

Muh. Roxxxxx

Anonim mengatakan...

aku sudahmematikan kartu kredit mandiri setahun lalu, tapi tiba tiba sebulan kemudian ada tagihan dari pembelian yang tidak pernah aku terima barangnya.
apakah bank mandiri memang sudah biasa menipu curtemer nya?...
rasanya aneh kalau kartu sudah di matikan trus katanya pernah ada ajukan barang mau datang. kalau benar.. kan bisa di lacak via pembicaraan via telpon. napa malah costumer yang di kejar kejar. awalnya katanya dah selesai.. eh tiba tiba muncul lagi.

smartphone mengatakan...

maaf mau tanya ..

1.) apakah nasabah yang hasil BI Checking macet .. maka sebuah bank dapat berikan approval ?

2.) apakah BI Checking bisa beda2 hasil check kredibilitas peminjam ?? (kejadian kredit macet nasabahnya tersebut di tahun 2007 issued 2008, lebih dari 180 hari)

background masalah:

kebetulan saya jual rumah yg beli dapat KPR dari BRI Syari'ah di Mampang. Akan tetapi pembayaran tidak kami terima setelah 1 minggu ini, menurut pihak BRI Syari'ah waktu BI Checking pertama kali tidak terdeteksi kredit2 macet nasabahnya tersebut, setelah mau proses pencairan ternyata ada kredit macet di Danamon dan Adira.

Agusti Muharria mengatakan...

Selamat Siang,
saya mau tanya. 1 tahun yg lalu sepupu saya memakai nama saya dan identitas diri saya untuk mengajukan pinjaman uang ke Leasing Sinar Mas Multifinance dengan menggadaikan BPKB motornya. selang beberapa bulan, kreditnya macet krn sering telat melakukan pembayaran. pada saat saya ingin mengajukan applikasi kartu kredit, permohonan saya tidak pernah disetujui karena nama saya terdaftar dalam BI Checking.Namun sekarang semua sisa tagihan sepupu saya tersebut sudah dilunasi beserta tunggakan denda nya sebelum masa tenor nya habis dan sepupu saya tersebut pun sudah mendapatkan BPKB nya kembali. yg mau saya tanyakan, apakah dengan pelunasan tersebut nama saya otomatis sudah dihapuskan dlm daftar bi checking? kira2 butuh waktu berapa lama setelah pelunasan sehingga nama saya tersebut bisa bersih kembali dari daftar BI Checking? apakah saya harus mengurus sendiri ke BI agar dapat mengetahui status nama saya?
Mohon penjelasannya.
Sebelum dan sesudahnya, saya ucapkan terima kasih.
Wassalam.

Gunawan Setia Utama mengatakan...

Saya akan mengajukan KPR,tapi terkendala oleh BI Checking kartu kredit BII, yang kartunya belum di aktivasi,tidak saya pakai, tapi kartu tersebut di gunakan oleh orang yang tidak saya kenal.
Mohon bantuannya agar masalah yang menimpa saya ini, dapat di selesaikan dengan BII.
Jumlah tagihan =/- 30 juta.
Hormat saya : Gunawan

Willy Sutedja mengatakan...

saya punya masalah dengan kartu kredit GE pada tahun 2005, dan kini saya ingin melunasi semua hutang saya ke GE, bagaimana caranya sedangkan GE sendiri sudah bangkrut dan kantornya sudah tutup. Mohon solusinya...trims.

apri listiani mengatakan...

Saya dulu adalah pemegang kk SC, sekitar tahun 2009 atau 2010 awal (saya lupa) sudah menutup kartu kredit saya via CS. Alasan saya menutup kartu kredit itu karena ada transaksi ilegal yang dipakai dengan mengatasnamakan kartu kredit saya dan anehnya pemakaian/transaksi tersebut secara online di australia sementra saya boro2 ke australia , keluar jawa saja blm pernah (selain medan karena kampung saya).
Karena sudah tidak ada tagihan yang datang lagi saya anggap penutupan selesai.

Nah masalah muncul ketika suami saya mau mengambil sebuah KPR didaerah bekasi, kredit yang diajukan tidak dapat cair dengan alasan pasangan (berarti saya) bermasalah. Ketika kami tanya masalahnya apa pihak developer memberikan jawaban yang sangat mengagetkan kami, disitu jelas tertulis saya di masuk daftar hitam BI karena tersangkut kredit macet dengan SC.

Saya butuh solusi pak, bagaimana saya bisa memutihkan kembali nama saya dari daftar hitam BI?

Sementara saya sudah tidak punya bukti apapun mengenai penutupan kk SC saya.

Mohon bantuannya pak. Terimakasih sebelumnya.


Nah permasalahan mun

rakhmat akatzhu mengatakan...

Selamat sore
Mau tanya pak,awal nya saya buat KK Bank Mega & BNI di Batam dengan Data Lengkap Rumah saya yg di batam,
Sedangkan KTP saya Jakarta,awal nya saya belanja dengan pembayaran cicilan 6 bln tapi berselang 3 bln kemudian saya ada masalah dengan keauangan saya dan saynunggak 1 bulan,setelah itu saya pulang ke daerah asal saya di jkt dan menelpon pihak bank agar billing tagihan nya di pindah ke rumah saya yg di jkt,tapi pas waktu saya verifikasi data nya sama CS data alamat saya tidak akurat dan semenjak itu saya saya tidak pernah dapat billing tagihan KK dan semenjak itu pula saya sudah tidak mau bayar lagi sisa tunggakan tersebut,
Pertanyaan saya :
1 Apakah nama saya di blacklist dari BI,sedangkan Data Ktp sama data KK beda,
2 Apakah bisa pihak bank menagih ke orang tua kandung saya.
Mohon solusi nya

Percy Morgan mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Stone Cool mengatakan...

betul mas .. sy tdk pernah telat byr tagihan tp laporan di bi checking sy pernah telat 17hr..langsung deh kolek 2. cape deh

ISTRIYAH DARWONO mengatakan...

Apakah Anda perlu 100% Keuangan? Aku dapat melayani kebutuhan keuangan Anda dengan lebih sedikit
Masalah pengembalian itu sebabnya kami mendanai Anda untuk hanya 3%. apapun Anda
situasi, bekerja sendiri, pensiun, memiliki peringkat kredit yang buruk, kita
bisa membantu. Pembayaran yang fleksibel lebih dari 3 sampai 20 years.Contact kami
at: jenniferrjohn536@gmail.com

1 Nama Lengkap: ............................
2 Kontak Alamat: .......................
3.Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: ....................
4. Durasi Pinjaman ...................
5. Nomor Telepon Langsung: .................

Salam,
Mrs Jennifer John.

Ayonimbrung mengatakan...

Pa Siregar,

apa sangsi yang di berikan BI kepada Bank yang lalai melaporkan nasabah yang telah lunas pinjamannya dalam sistim informasi debitur....?? mohon penjelasannya...

Yanti Cecelia mengatakan...

Saya mau tanya,

Status dari balasan email BI adalah saya terdaftar dalam SID..Maksud dari terdaftar dalam SID itu apakah berarti saya masuk ke dalam Blacklist BI?

Terima kasih